Dalam rangka memperingati HBP ke-60, Rutan Padang Gelar Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Massal

BIGNEWS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang menggelar Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Massal kepada 139 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Padang, Jumat (19/4/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kesatuan Pengamanan Rapat Rutan Padang ini bekerjasama Puskesmas Anak Air (Dinas Kesehatan Kota Padang) dibantu Tim Medis Klinik Rutan Padang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Welli yang di wakili oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Bobby Lukita Hasibuan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan rangkaian kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama Kepala Puskesmas Anak Air (Dinas Kesehatan Kota Padang) dan tim yang membantu menyukseskan rangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal kepada WBP Rutan Padang, semoga dengan kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi semuanya dan memperkokoh sinergitas antar Rutan Padang dengan Puskesmas Anak Air (Dinas Kesehatan Kota Padang) ,” ucap Bobby.

Pada pelaksanaannya, kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan dari dr. Vela (Puskesmas Anak Air) tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan dilanjutkan dengan Pengobatan Massal dan Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) bari Warga Binaan.

Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Pengobatan Massal dilaksanakan oleh gabungan tim Puskesmas Anak Air (Dinas Kesehatan Kota Padang) dibantu Tim Medis Klinik Rutan Padang.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah, pengukuran lingkar perut, berat badan, dan pemeriksaan gula darah sewaktu. Peserta juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter memaparkan keluhan tentang gangguan kesehatannya untuk kemudian diberikan pengobatan.

(Red)