Dukung upaya pencegahan stunting, LPP Bandung Jadi Tuan Rumah Pelatihan Gizi Bagi Nakes Lapas/Rutan

BIGNEWS.ID – Pelatihan Gizi bagi Tenaga Kesehatan UPT Pemasyarakatan Se-wilayah Bandung Raya yang dilaksanakan kemarin (5/6/2024) sampai dengan hari ini bertempat di Lapas Perempuan Bandung, merupakan Langkah proaktif Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, yang membawa angin segar bagi pelayanan kesehatan dilingkungan UPT Pemasyarakatan. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari implementasi kebijakan baru tentang penyajian makanan bagi Warga Binaan dan peresmian dapur sehat di beberapa Lapas/Rutan oleh Dirjen Pemasyarakatan.

Pelatihan ini tidak hanya menyoroti pentingnya penyajian makanan sehat bagi Warga Binaan dan anak-anak bawaan mereka, tetapi juga menekankan peran vital gizi dalam mencegah stunting, sebuah tantangan yang dihadapi secara luas di Indonesia. Upaya peningkatan gizi dan pencegahan stunting ini mendorong pada konsep pembentukan Posyandu bagi warga binaan dengan anak bawaan di dalam Lapas- lapas Perempuan se-Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan sambutan hangat dari Kalapas Perempuan Bandung, Ibu Tri Winarsih sebagai tuan rumah kegiatan dan dibuka oleh perwakilan Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Dirjen Pemasyarakatan, Bapak Surakhmat.

Peserta pelatihan dibekali beragam materi, mulai dari pengukuran status gizi dasar hingga praktik pengukuran status gizi pada ibu dan balita. Materi diberikan oleh narasumber berpengalaman dari berbagai institusi seperti RSCM Jakarta dan Poltekkes Jakarta II .

Selain mendapatkan teori, peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik secara langsung guna memastikan pemahaman materi. Melalui pre-test dan post-test, pemantapan pengetahuan peserta menjadi prioritas, meneguhkan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi Warga Binaan.

(Red)