Berbagi Ilmu Membangun Zona Integritas, Rutan Cipinang Dikunjungi Rutan Padang dan Lapas Perempuan Padang

BIGNEWS.ID – Banyak upaya yang telah dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang dalam rangka perbaikan pelayanan publik, sehingga banyak Lapas dan Rutan yang melakukan studi tiru dalam upaya memperkuat langkah menuju Zona Integritas WBK/WBBM.

Kali ini, Rutan Cipinang kedatangan rombongan dari Rutan Kelas II B Padang dan Lapas Perempuan Kelas IIB Padang. Tujuan dari kunjungan ini sebagai studi tiru terhadap inovasi yang ada di Rutan Cipinang, seperti pelayanan kunjungan yang memakai aplikasi senyaman, poliklinik, pondok pesantren dan Dapur RUCI SEHATI (Dapur Rutan Cipinang Sehat, Enak, Higienis, Amanah, Terampil dan Indah).

Kedatangan Kepala Rutan Kelas II B Padang, Welli dan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Padang, Endang Sriwati beserta rombongan di sambut baik oleh Kepala Rutan Kelas I cipinang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan I Cipinang, Alif Akbar Yusuf dan jajaran. Mengawali kegiatan para peserta studi tiru melaksanakan diskusi dan sharing untuk menggali informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat dan warga binaan.

Kemudian rombongan Rutan Kelas IIB Padang dan Lapas Perempuan Kelas IIB Padang di ajak untuk melihat langsung ke area Dapur untuk meninjau fasilitas dan inovasi yang dilakukan oleh Rutan Kelas I Cipinang. Setibanya di area Dapur, rombongan melakukan komunikasi tanya jawab dengan petugas yang bekerja dibagian dapur mengenai penyediaan makanan dari mulai pemilihan bahan makanan, cara membersihkan baik bahan makanan atau kebersihan lingkungan, memasak, menyajikan sampai pendistribusian makanan kepada warga binaan.

Bukan hanya Dapur saja yang menjadi daya tarik studi tiru, Rombongan Pun diajak berkeliling untuk melihat berbagai macam pelayanan inovatif yang berada di Rutan Kelas I Cipinang lainnya, seperti ruang layanan kunjungan dengan implementasi Aplikasi Senyaman Ruci guna memudahkan pendaftaran kunjungan, poliklinik dan pondok pesantren.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Welli mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Rutan Cipinang dan kami memberikan apresiasi yang luar biasa terkait pelayanan yang ada Rutan Cipinang termasuk Dapur Ruci Sehati.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Rutan Padang dapat mendapatkan ilmu yang berharga dari Rutan Cipinang yang nantinya dapat di contoh untuk perbaikan di Rutan Kelas IIB Padang,” ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf juga mengucapkan terimakasih atas kedatangannya dan jadikan moment kunjungan ini sebagai motivasi dan ajang belajar bersama untuk memberikan pelayanan terbaik baik bagi masyarakat dan Warga Binaan,” tandasnya.

(Red)