90 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tangerang Ikuti Penelitian Kemasyarakatan

BIGNEWS.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang Kantor Wilayah Kemenkumham Banten menggelar kegiatan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Pembinaan Awal dan juga Perawatan bagi Tahanan dan Narapidana, pada Kamis (2/5).

Bertempat di Ruang Layanan Interkom, kegiatan ini terselenggara atas sinergi dan kolaborasi Lapas Kelas IIA Tangerang bersama dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Tangerang. Dengan pendampingan Petugas Pembinaan, sebanyak 90 (Sembilan Puluh) orang Warga Binaan dilakukan Litmas.

“Litmas ini bertujuan agar pihak Bapas dan juga kami mendapatkan data konkrit baik secara sistematis maupun objektif dari upaya penilaian dan analisis dari Pihak Bapas kepada Tahanan dan juga Narapidana untuk selanjutnya menjadi kepentingan kami dalam memberikan pelayanan serta pembinaan kepada mereka,” Ucap Kepala Seksi Bimbingan Narapidana, Lidna Komaladewi.

Dengan lancar, kegiatan ini berlangsung antara pihak Bapas dan juga Warga Binaan dengan mengajukan beberapa pertanyaan serta sharing bersama.

“Dari Litmas ini bisa ditentukan program pembimbingan yang akan diberikan untuk narapidana yang mendapatkan program Integrasi. Program yang terarah diharapkan mampu untuk mendukung perubahan perilaku agar mencegah risiko pengulangan tindak pidana dan mampu mengembalikan narapidana kembali di masyarakat,” Tutur Lidna.

Sedangkan Litmas Perawatan dilakukan kepada Tahanan yang belum divonis oleh Hakim Pengadilan Negeri. Untuk itu penting dilakukan Litmas agar mengemukakan kondisi Warga Binaan Pemasyarakatan yang masih berstatus Tahanan selama menjalani perawatan dan mengetahui potensi mereka untuk mendapatkan program perawatan yang efektif dan efisien bagi Tahanan yang bersangkutan.

“Terima Kasih tentunya kepada Pihak Bapas yang telah membantu dan bersinergi untuk melakukan litmas pada hari ini. Bagaimanapun data ini akan menjadi penting untuk program pembinaan kami dan tentunya juga oleh Pihak Bapas,” Tutup Lidna.

(Red)