Upacara Hari Lahir Pancasila 2024: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

BIGNEWS.ID – Rutan Kelas I Bandung menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” pada Sabtu (1/6).

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh seluruh petugas Rutan Kelas I Bandung, yang mengenakan baju adat nasional. Dalam suasana penuh semangat, para petugas berkumpul di lapangan upacara untuk merayakan momen bersejarah ini.

Kepala Rutan Suparman dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila adalah jiwa pemersatu bangsa kita. Dalam setiap langkah dan tindakan, kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila demi mencapai Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para petugas untuk selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam menjalankan tugas mereka.

Suparman juga menekankan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya seremonial, tetapi juga momentum untuk merefleksikan diri dan memperbarui komitmen dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam setiap aspek kehidupan kita, baik dalam pekerjaan maupun dalam bermasyarakat. Dengan semangat Pancasila, kita bisa menghadapi segala tantangan dan bersama-sama menuju Indonesia yang lebih maju,” tambahnya.

Seluruh rangkaian acara upacara berjalan lancar dan tertib. Para petugas rutan dengan penuh semangat mengikuti setiap prosesi upacara, dari pengibaran bendera hingga pembacaan teks Pancasila.

Kehadiran dan partisipasi aktif dari seluruh petugas menunjukkan komitmen mereka untuk terus mendukung dan menjaga nilai-nilai Pancasila.

Dengan semangat kebersamaan dan persatuan, Rutan Kelas I Bandung bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

(Red)