Stroke dan Rebusan Daun Ciplukan: Apa yang Dikatakan Ilmuwan?

BIGNEWS.ID – Sebuah asumsi menyebar mengklaim bahwa rebusan daun ciplukan dapat menyembuhkan stroke. Posting ini telah tersebar di media sosial, salah satunya diunggah ke akun Facebook pada tanggal 15 Januari 2023.

Dalam posting tersebut terdapat video tentang cara menggunakan daun ciplukan untuk mengobati penyakit stroke, yaitu dengan direbus dan diminum saat masih hangat.

Apakah klaim bahwa rebusan daun ciplukan dapat menyembuhkan stroke benar?

Di lansir dari liputan6.com, Dr. Herbal dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, Aldrin Neilwan, MD, MARS, M. Biomed, M. Kes, SpAK, menyatakan bahwa rebusan daun ciplukan tidak bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan stroke.

“Daun ciplukan bukanlah pengobatan utama, tetapi secara tradisional hanya membantu dalam proses penyembuhan. Masyarakat harus tahu bahwa tanaman herbal hanya sebagai pelengkap saja dan mereka tidak boleh meninggalkan pengobatan medis,” kata Aldrin.

“Ada banyak persyaratan untuk menambahkan tanaman herbal dan tidak boleh diberikan secara sembarangan. Selalu berkonsultasi dengan dokter yang menangani,” tambahnya.

Baca Juga : Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Jumat

Aldrin juga menjelaskan bahwa penanganan stroke berbeda karena ada yang disebabkan oleh pendarahan otak dan ada juga yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah.

“Penanganan stroke memiliki persyaratan yang berbeda, sehingga obat-obat pendukungnya juga akan berbeda. Jika ada yang percaya bahwa daun ciplukan dapat mencegah stroke, mereka harus diberikan pemahaman bahwa hal itu tidak mudah seperti yang dikira. Ada dua faktor risiko utama dan minor untuk stroke, dan jika mereka hanya minum tetapi tidak mencegah faktor risiko, itu sia-sia,” pungkasnya.

(Red)