Resmi Ditutup, Rakor Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang KI Hasilkan Panca Komitmen Bali Tahun 2022

BIGNEWS.ID – Resmi ditutup, Rapat Koordinasi Teknis Kinerja (Rakornis) Program Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang Kekayaan Intelektual dengan Kantor Wilayah Kemenkumham yang digelar DJKI pada 31 Oktober-2 November 2022 di Hotel Anvaya, Bali melahirkan Panca Komitmen Bali Tahun 2022.

Dideklarasikan dan ditandatangani oleh para Pimti Pratama Kantor Wilayah di seluruh Indonesia, Panca Komitmen Bali Tahun 2022 berisikan komitmen untuk siap berpartisipasi aktif mensukseskan Tahun Merek 2023 serta melaksanakan target kinerja pelayanan Kekayaan Intelektual (KI) berdasarkan nilai PASTI dan Core Value ASN Berakhlak.

Selain itu, Para pimpinan Kanwil Kemenkumham juga berkomitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan KI untuk membangun ekosistem KI yang andal, berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam rangka menciptakan pelayanan KI yang prima, serta membuat kalender kerja layanan KI Tahun 2023 dan melaksanakannya secara optimal sesuai dengan target kinerja.

Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu berharap, Panca Komitmen Bali Tahun 2022 ini menjadi “dokumen resmi” komitmen bersama seluruh jajaran untuk mengimplementasikan target-target kinerja yang sudah ditetapkan.

Dalam kesempatan ini, seluruh Kantor Wilayah termasuk Kanwil Kemenkumham Banten yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Andi Taletting Langi menerima piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) karena telah menyukseskan Program Unggulan DJKI di sepanjang Tahun 2022, seperti Mobile Intellectual Property Clinic, DJKI Mengajar, dan Sertifikasi Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual.

Apresiasi pertama disampaikan Razilu atas kontribusi nyata mewujudkan target kinerja (tarja) tahun 2022 secara baik. Mengingat, hasil evaluasi tarja Kanwil Bidang Kekayaan Intelektual menunjukkan sejumlah dampak positif.

Seperti, terwujudnya kolaborasi pelayanan publik KI pada 40 loket Mall Pelayanan Publik, membangun budaya anti barang tiruan dan bajakan melalui Sertifikasi Pusat Belanja Berbasis KI pada 77 tempat usaha (mall perbelanjaan), terdorongnya permohonan Indikasi Geografis sebanyak 10 permohonan pada Tahun 2022, dan Permohonan KI Dalam Negeri yang meningkat sebesar 33,32 persen.

Kedua, apresiasi dan penghargaan untuk kehadiran dan partisipasi aktif dalam dua kegiatan besar yang dilaksanakan DJKI. Yakni, Festival Karya Cipta Anak Negeri sebagai acara puncak sekaligus penutup Tahun Hak Cipta 2022 dan pencanangan Tahun Merek 2023 yang ditandai dengan launching POP (Persetujuan Otomatis Perpanjangan) Merek, serta Rakernis.

Dan terakhir, kata Razilu, ia mengapresiasi seluruh peserta Rapat Koordinasi karena telah berpartisipasi aktif dalam Penyusunan Rencana Aksi Tarja Program Kekayaan Intelektual Tahun 2023.

Tak boleh merasa puas, Razilu berharap seluruh pimpinan Kanwil Kemenkumham dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Kita harus memaksimalkan potensi, pikiran dan tenaga kita untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat”, pungkasnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *