Resmi Buka Pembinaan Klien Pemasyarakatan, Kakanwil M. Ayorbaba: Jadikanlah Pelatihan ini Sebagai Prospek Baru

BIGNEWS.ID – Pelatihan Tata boga dan Pembuatan Aquarium hari ini saya berharap dapat menjadi prospek baru dalam memacu kreativitas dan inovasi klien pemasyarakatan untuk menjadi suatu prestasi hal ini di sampaikan Anthonius M Ayorbaba Kepala Kanwil Kemenkumham Papua dalam membuka secara resmi kegiatan pelatihan Tata Boga dan Pembuatan Aquarium bagi warga binaan dan klien di Balai Pemasyarakatan Kelas II Keerom. Kamis, (9/11/2022).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Balai Pemasyarakatan Kelas II Keerom dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Keerom dan UPTD Lembaga Latihan Kerja Kabupaten Keerom

yang selalu mendukung program kerja dan pembinaan yang diselenggarakan di Bapas Keerom maupun di lembaga Pembinaan khusus anak kelas II Jayapura dan lembaga pemasyarakatan perempuan kelas III Jayapura.

Pelatihan yang akan dilaksanakan selama 12 hari ini diikuti oleh 32 Klien Pemasyarakatan yang terdiri dari WBP Lapas Perempuan Kelas III Keerom dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA ).

Kabapas Keerom Lukas Apono dalam sambutanya menyampaikan terkait dalam Menangani klien pemasyarakatan Bapas Keerom sebagaimana pembuatan litmas, Pembimbingan, Pengawasan, Memberi Pertimbangan pemberian masukan di lingkungan balai pasyarakatan di balai kelas II Keerom di antara LPKA, LPP dan daerah kerja yang ada di pegunungan tengah sudah kami lakukan kinerja dengan baik sejak di resmikan nya Bapas Keerom oleh bapak menteri.

kegiatan Pelatihan Tata Boga dan Pembuatan Aquarium yang hari di lakukan untuk memberikan pengalaman dan keterampilan bagi WBP yang ada di lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Keerom maupun Lembaga Pembinaan Khusus Anak Jayapura.

“Kiranya apa yang di dapat dari pelatihan ini dapat di kembangkan di masyarakat setelah klien kita bebas nanti untuk itu mari kita menghilangkan stigma bagi Meraka yang bebas nanti kepada masyarakat sehingga mereka kembali kepada masyarakat dapat di terima di masyarakat.” Jelas Kabapas Keerom

Kesempatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Keerom Andi Rahman Nonsy, menyampaikan apresiasi kepada jajaran Bapas Kelas II Keerom yang mana mau bekerja sama dalam melaksanakan pelatihan ini hal ini kita lakukan juga dalam mendukung kinerja bapak bupati Keerom yang mana kabupaten keerom bangkit dan maju.

“Kepada klien pemasyarakatan yang mengikuti kegiatan ini untuk tanamkan tiga hal penting untuk dapat bermanfaat bagi klien pemasyarakatan tersebut nantinya yakni Pengetahuan, Ketrampilan, dan Sikap dari ketiga ini harus di tanamkan dalam pelatihan ini sehingga ini menjadi penilaian tersendiri bagi anda,” Kata Andi

Sementara itu, Kakanwil kemenkumham Papua Ayorbaba dalam sambutannya menyampaikan tentu apa yang di lakukan hari ini memiliki dua hal penting yang sangat baik bagi klien pemasyarakatan untuk menambah pengetahuan dalam bidang tata boga dan pembuatan Aquarium.

Lanjutnya, dengan pelatihan yang waktunya hanya 12 hari ini akan menambah referensi anda dalam melakukan ketrampilan anda, apabila pelatihan ini di ikuti dengan baik manfaatnya akan di rasakan bagi WBP tersebut yang mengikuti pelatihan.

“Mengingat pelatihan ini jumlahnya di batasi untuk itu anda yang mengikuti pelatihan ini manfaatkan waktu mu sehingga apa yang di dapat dari pelatihan ini akan bermanfaat bagi anda nantinya saat bebas bisa di implementasikan di masyarakat,” ujar Ayorbaba Kakanwil Kemenkumham Papua.

“Saya harap ada prospek baru yang memacu kreativitas dan inovasi dari pelatihan ini untuk membangun inovasi inovasi di masyarakat apa bila WBP ini bebas dan dapat menjadi prestasi tersendiri,” tambah Anthonius

Dalam hal ini, Kakanwil sangat mendukung penuh sinergitas dan kolaborasi dari pemerintah Keerom yang mana telah membantu pelaksanaan kegiatan ini semoga hasil dari kegiatan ini tidak bermanfaat bagi WBP saja tetapi dapat bermanfaat juga bagi pemerintah Keerom kedepan.

“Kami mengingatkan kepada kepala UPT Pemasyarakatan yang turut hadir untuk dapat merealisasi percepatan laporan pengunaan anggaran sehingga target kanwil kemenkumham Papua dalam urutan ke 15 dari 33 kanwil Se Indonesia bisa tercapai.” harap Kakanwil.

Turut hadir pada kegiatan ini Kasubbid Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Yopie Febri Romhadi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Jayapura Sarlota Hay, Kapala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Mildar, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Jayapura Somaludin Bogra, Kabapas Jayapura Jaka Putra, Kabapas Keerom Lukas Apono, beserta Kepala UPTD Lembaga latihan kerja Kabupaten Keerom Friedy C.H Najoan beserta seluruh jajaran Bapas Keerom.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *