Daerah  

Plt. Kalapas Karanganyar Pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

BIGNEWS.ID – Plt. Kepala Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan pada hari ini Pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Utama Lapas Karanganyar.

Upacara dihadiri oleh Jajaran Pejabat Struktural, Pegawai, CPNS 2021 Lapas Karanganyar dan Taruna Wreda Poltekip 53 yang sedang magang di Lapas Karanganyar. Sabtu (01/10/2022).

Plt. Kalapas, Riko Purnama Candra selaku inspektur upacara memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang pejuang bangsa, khususnya pahlawan revolusioner yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. mengheningkan cipta dimulai,” Ungkap Riko.

Pemerintah Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Upacara peringatan Kesaktian Pancasila pada Tahun 2022 ini mengambil tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Peringatan upacara ini bertujuan untuk mengenang kembali sejarah kita dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur pada peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Kegiatan selanjutnya Pembacaan Teks Pancasila dibacakan oleh Kepala Lapas Kelas I Palembang dan Pembacaan Naskah Pembukaan UUD Tahun 1945 dan Pembacaan Naskah Ikrar oleh petugas, Rangkaian upacara ditutup dengan doa.

Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat sesuai dengan susunan upacara yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto Bersama.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *