Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Lapas Pemuda Langkat Gelar Upacara Bendera 

BIGNEWS.ID – Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas III Langkat melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Sabtu, (01/06). Bertempat di Lapangan Upacara Gedung II

Mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini diperingati dengan khidmat.

Kegiatan diawali pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Selanjutnya pembacaan teks pancasila oleh Inspektur Upacara dan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kalapas Pemuda Langkat, Raymon Andika Girsang pada kesempatan ini dalam amanatnya membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Pada akhir sambutannya, Bapak Kalapas berharap kepada seluruh jajarannya untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pada upacara kali ini Bapak Kalapas menggunakan baju adat Simalungun serta seluruh jajaran menggunakan beragam baju adat dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang mencerminkan keberagaman namun tetap satu.

Kegiatan upacara yang tidak hanya diikuti oleh Petugas, turut juga mengikuti upacara Warga Binaan Pemasyarakatan, Peringatan Hari Lahir Pancasila cerminan penghormatan terhadap sejarah bangsa, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam memperkuat semangat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman, kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama.

(Red)