News  

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Lapas Serang Gelar Upacara

BIGNEWS.ID – Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober pada setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk meneguhkan Pancasila sebagai ideologi utama Bangsa Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang Kanwil Kemenkumham Banten melaksanakan upacara, Sabtu (01/10/2022).

Bertempat di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Serang. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita selaku Inspektur Upacara dan diikuti oleh Pejabat Struktural, Petugas serta Warga Binaan Lapas Serang.

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan Ikrar.

Dalam sambutannya Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita mengatakan tanggal 1 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena Pancasila membuktikan kesaktiannya sehingga tidak dapat diganti dengan ideologi lain.

“Pancasila sudah membuktikan, bahwa ideologi lain yang coba masuk dan akan menggantikan posisinya di Negara Indonesia pasti tumbang. Seluruh bangsa Indonesia pasti akan menjaganya walau berkorban nyawa. Kini, saatnya kita generasi penerus untuk menjaga dan menjalankan semua nilai-nilai luhur dari pancasila tersebut,” ujar Kalapas.

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

Maka alasan di balik kesaktian tersebut memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 oktober diperingati karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah pasca peristiwa G30S/PKI.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *