Pelatihan Paralegal Angkatan Ke V Tahun 2022 Resmi Di Buka, kakanwil: Mari Kita Bekerja Bersama-Sama Wujudkan Sebuah Kepastian Hukum Bagi Masyarakat

BIGNEWS.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius M Ayorbaba bersama Gubernur Provinsi Papua dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perencanaan Politik dan Hukum Triwarno Puromo , dan Ketua Klasis Port Numbay yang di wakili oleh Pdt A. Choe, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Paralegal Angkatan Ke – V tahun 2022 pada Kamis, (10/11/2022).

Acara yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Jemaat GKI Maranatha Polimak III Kota Jayapura ini atas kerja sama Kanwil Kemenkumham Papua dengan Klasis Port Numbay, Majelis Jemaat GKI Maranatha dan LBH Kyadawun GKI Klasis Biak Selatan ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta yang berasal dari warga jemaat GKI Maranatha Polimak I – III Kota Jayapura.

Dalam Sambutanya Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba menyampaikan bahwa pelatihan paralegal menjadi salah satu aktor penting di balik kesuksesan program bantuan hukum cuma-cuma alias gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah pasca lahirnya UU Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Lebih lanjut Anthonius M Ayorbaba mengatakan bahwa pemberian bantuan hukum saat ini belum menjangkau seluruh masyarakat. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan pelaksanaan bantuan hukum, sehingga diperlukan peran Paralegal serta melibatkan peran tokoh agama untuk meningkatkan jangkauan pemberian bantuan hukum.

“Paralegal dapat memberikan Bantuan Hukum secara litigasi dan nonlitigasi setelah terdaftar pada Pemberi Bantuan Hukum (OBH) dan mendapatkan sertifikat pelatihan Paralegal tingkat dasar” ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, pun menegaskan sejumlah hal pada momentum Pelatihan paralegal angkatan V, dikatakannya Kegiatan ini berlangsung oleh karena dukungan dari Bapak Gubernur Provinsi Papua kita juga berterimakasih kepada Bapak Gubernur provinsi Papua baru saja mengeluarkan peraturan daerah provinsi No 6 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Bantuan Hukum di Provinsi Papua dengan perdasi No 6 ini akan memperkuat pelaksanaan pelaksanaan kegiatan yang akan di lakukan kedepan,” Ucap Anthonius.

Lanjutnya, Apa yang dilakukan hari ini tentu kita berharap bapak ibu dapat pengetahuan baru yang di dukung dengan ketrampilan yang akan terus di kelola dalam bentuk layanan kita kepada masyarakat, Pelatihan paralegal ini juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk akses to justice.

Masih kata dia, Memilih Hamba Tuhan untuk pelatihan paralegal utamanya memberikan pengetahuan hukum kepada para hamba Tuhan untuk melayani jemaat Negara ini sudah hadir melalui UU Nomor 16 Tahun 2016 melalui Bantuan Organisasi Bantuan Hukum dengan memberikan bantuan hukum secara gratis bagi orang miskin

“Untuk itu, melalui pelatihan Paralegal ini mari kita bekerja secara bersama sama mewujudkan sebuah kepastian hukum bagi masyarakat yang akan berhadapan dengan hukum,” kata Anthonius.

Selanjutnya sambutan Ketua Klasis Port Numbay dalam hal ini di wakili oleh Pdt A. Choe menyampaikan kegiatan hari ini patut kita mengucap syukur kepada Tuhan, menangani atau pun kita juga terlibat dan alami di dalam jemaat dan juga lingkungan Klasis Port Numbay hal ini patut kita apresiasi karena dengan kegiatan ini masyarakat yang tidak memahami hukum dapat tertolong.

Kartiko Nurintias Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum dalam sambutannya pada kegiatan ini menyampaikan apresiasi atas kinerja dari kakanwil Kemenkumham Papua yang mana telah melakukan kolaborasi dan sinergitas yang luar biasa sehingga kegiatan paralegal angkatan V ini dapat terlaksana.

“Kita tau bawah potensi dalam pelayanan hukum bagi masyarakat sangat perlu maka perlu melakukan pelatihan sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan HAM No.3 Tahun 2021 tentang paralegal dalam melakukan bantuan hukum untuk itu melalui pelatihan paralegal ini peserta kami harapkan dapat memiliki kompetensi memahami hukum dasar, memahami kondisi wilayah, dan memahami kelompok kepentingan dalam masyarakat peserta juga di tuntut bisa mengadvokasi masyarakat terhadap pembelaan dan dukungan terhadap masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua dalam hal ini di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Triwarno Puromo, dalam sambutannya mewakili pemerintah provinsi papua menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan gebrakan gebrakan serta prestasi yang di raih oleh kakanwil Kemenkumham Papua yang mana sangat bermanfaat bagi pemerintah provinsi Papua dan juga masyarakat.

Triwarno berharap melalui kegiatan ini kiranya bisa menambah wawasan seluruh peserta pelatihan paralegal yang siap memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, peserta paralegal juga di harapkan memiliki kemampuan sehingga menjadi mitra pemerintah, Agama, Adat, dan masyarakat secara bersama sama untuk memberikan keadilan seadil adilnya kepada masyarakat seadanya kita hidup berdampingan.

“Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui tentang aturan-aturan hukum, dan bantuan hukum yang mungkin selama ini belum diketahui karena keterbatasan jumlah OBH atau Advokat.” tutup Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Triwarno Puromo

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *