Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Perempuan Palembang Selenggarakan Program Posbindu Lansia

BIGNEWS.ID – Sebanyak 8 orang Warga Binaan di Lapas Perempuan Palembang (Laperang) Kanwil Kemenkumham Sumsel mengikuti posbindu bagi Lanjut Usia (Lansia) di poliklinik Laperang. Kegiatan ini diselenggarakan setiap bulan dalam rangka monitoring kesehatan bagi kategori Warga Binaan berkebutuhan khusus dalam hal ini Lansia, Senin (25/9/2023).

Baca Juga : Pelatihan Usai Warga Binaan Lapas Perempuan Palembang Miliki Keterampilan Membatik Jumputan

Adapun skrining kesehatan yang dilakukan yaitu pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah, dan asam urat, pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, dan lingkar lengan. Kegiatan posbindu ini diawasi langsung oleh dokter Laperang, dr. Windy Kirani, M.Kes.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perawatan dan pemantauan kesehatan secara rutin bagi Warga Binaan kategori lansia (usia diatas 60 tahun), sehingga dapat mendeteksi penyakit secara dini dan memberikan penanganan secepat mungkin,” tutur Windy.

Di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengapresiasi kegiatan pobindu terhadap lansia ini sebagai bentuk komitmen dalam memberikan perhatian khusus terhadap Warga Binaan kategori lansia dan memastikan bahwa hak-hak mereka untuk mendapatkan perawatan kesehatan tetap terpenuhi selama menjalani masa pidana.

Kegiatan Posbindu Lansia merupakan program Laperang untuk selalu memberikan hak-hak bagi Warga Binaan dari segi kesehatan terutama bagi kelompok Lansia yang lebih rentan terhadap penyakit dan gangguan kesehatan sehingga perlu diberikan prioritas dalam pelayanan kesehatan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup para lansia agar tetap sehat dan bugar, baik secara fisik maupun psikis.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *