Kokohkan Nilai Pancasila Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila

BIGNEWS.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang Kantor Wilayah Kemenkumham Banten melaksanakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 secara langsung yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Tangerang pukul 08.00 sampai dengan selesai, pada Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Suratmin selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dengan turut dihadiri oleh Jajaran Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Kelas IIA Tangerang serta Warga Binaan Pemasyarakatan.

Tema yang diambil pada Hari Kebangkitan Nasional Tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Rangkaian kegiatan dibuka dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan UUD 1945, dan Penutup.

“Tema dalam peringatan hari Pancasila ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.,” Ucap Kasubag TU dalam amanat yang disampaikan yaitu sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Pesatnya era Teknologi ini harus menjadi langkah cepat kita untuk melakukan perubahan salah satunya adalah tetap memberikan semangat Pancasila agar menjadi filter untuk bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” Tuturnya.

Sebagai penutup, Pembina Apel menyampaikan bahwa semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

(Red)