Ketua DPR Pandang Penting Grup Kerja Sama Bilateral Indonesia – Ukraina

BIGNEWS.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (H.C.) Puan Maharani memandang penting diplomasi parlemen baik secara bilateral dan multilateral di level regional ataupun global.

Puan menyampaikan, sebagai salah satu upaya DPR RI dalam memperkuat hubungan bilateral maka DPR RI telah membentuk Grup Kerja Sama Bilateral dengan sejumlah parlemen negara sahabat. Puan mengungkapkan, salah satu grup tersebut adalah Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) dengan Parlemen Ukraina.

“DPR RI dan Parlemen Ukraina telah beberapa kali melakukan pertemuan, sekaligus telah beberapa kali pertemuan tersebut telah dilakukan dalam rangka mempererat hubungan bilateral kedua negara dan melakukan pertukaran informasi terkait dengan praktik pelaksanaan pelaksanaan fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran,” ujar Puan saat pertemuan bilateral dengan Deputy Chairman of The Verkhovna Rada of Ukraine Olena Kondratiuk dalam rangkaian The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut, Puan mengungkapkan Indonesia telah menjadi inisiator resolusi mengenai konflik Rusia-Ukraina di Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 pada bulan Maret lalu dalam rangka mewujudkan peran Parlemen dalam upaya penyelesaian konflik khususnya terhadap kondisi yang terjadi di Ukraina. Puan menuturkan, Indonesia juga telah menjadi inisiator sekaligus anggota task force IPU terkait konflik Rusia-Ukraina.

Sebagai tindak lanjut dari hal ini, sambung Puan, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI berangkat ke Ukraina pada bulan Juli lalu untuk membuka kanal dialog demi mengakhiri konflik. Tak hanya itu, tutur Puan, Indonesia bersama task force IPU juga akan menyampaikan hasil kunjungan ini di hadapan Sidang Umum IPU ke-145 yang akan digelar di Kigali, Rwanda pada Oktober 2022.

“Terima kasih Yang Mulia atas pembicaraan hari ini yang sangat produktif bertemu dengan kami. Saya berharap perang yang terjadi di Ukraina dapat segera selesai dan kondisi sosial-perekonomian di Ukraina segara kembali normal. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan sehingga dapat bertemu kembali dalam waktu secepatnya,” tutup Puan.

(dpr/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *