Kenakan Pakaian Adat, Sukarno Ali Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

BIGNEWS.ID – Selamat Hari Lahir Pancasila! Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati momen bersejarah ini sebagai bentuk penghormatan dan penghayatan terhadap ideologi negara yang telah menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak hanya menjadi dasar negara, tetapi juga sebagai pedoman dalam membangun persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan golongan.

Untuk itu dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Upacara Bendera yang bertajuk “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, di Lapangan Terbuka Rutan Cipinang, Sabtu (1/6).

Dengan menggunakan pakaian adat, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” Kata Sukarno Ali mengutip pidato tersebut.

Lebih lanjut, Sukarno Ali menekankan bahwa Pancasila harus senantiasa dijadikan ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Menghadapi perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Dalam pidato tersebut, juga disampaikan pentingnya mengutamakan Pancasila dengan metode kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Diakhir sambutan, dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini Sukarno Ali juga mengajak seluruh jajaran Rutan Cipinang untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

(Red)