Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto kunjungi SMK Mitra Industri MM2100

Industri Pendidikan

Bignews.id ,-Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarito ST. Msc. Ph.mengunjungi SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi.(12/8/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka menggali lebih banyak informasi terkait penyusunan konsep pengembangan SMK di kawasan industri.

Yang bertemakan Focus Group Discussion (FGD) program kemitraan dalam pengembangan Taching Factory pada Pendidikan Vocasi

Dalam kunjungannya tersebut Dirjen vokasi bapak Wikan Sakarito ST. Msc. Ph.D bersama dengan direktur Vocasi bapak Dr. Ahmad Saufi. S.Si. Msc, bapak diretur Psmk Dr.Ir. M Bakrun , serta 20 industri pendamping yang bekerjasama dengan SMK Mitra Industri MM2100 ,serta satu perwakilan dari SMKN 3 cikarang barat dan SMK swata Binaprestasi kepala cabang dinas kabupaten bekasi

Pada kesempatan itu, Dirjen vokasi Wikan melakukan peninjauan ke berbagai titik, mengecek kondisi lingkungan sekolah seperti ruang-ruang praktik kejuruan SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang Barat yang di dampingi oleh kepala Sekolah Lispiyatmini dan Drs Muslim

Menurutnya ,SMK Mitra Industri 2010 merupakan sekolah vokasi yang sangat ideal. Di mana sekolah tersebut mengusung apa yang dibutuhkan oleh industri ke dalam sistem dan materi pembelajaran, juga kurikulumnya. Dengan cara demikian, maka setiap lulusan SMK Mitra Industri 2100 dipastikan bakal terserap ke industri-industri yang bermitra dengan SMK tersebut.

“industri butuh sumber daya manusia (SDM) bahkan membuat kelas khusus di SMK. Untuk itu, seharusnya sekarang lulusan SMK bisa langsung diserap industri.

 

“Sistem kurikulum yang berbasis kompetensi serta tersambung dan sesuai (link and match) dengan industri ini mampu menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan profesional sesuai kebutuhan di dunia kerja saat ini. Link and match tidak hanya membekali lulusan SMK dengan kompetensi tinggi, tapi juga dapat meningkatkan skill siswa,” tutur Wikan.

“Ia juga menambahkan ,bahwa salah satu faktor utama penunjang keberhasilan pembangunan di suatu negara adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menopang pertumbuhan ekonomi.ucapnya.(hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *