Hari Jadi ke-56, Itjen Kemenkumham Launching Panca Program Unggulan Tahun 2023

BIGNEWS.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Tejo Harwanto, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Masjuno, dan Kepala Divisi Administrasi, Yusfini, hadir dalam Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Internalisasi Core Value Berakhlak untuk Menjaga Keagungan Kemenkumham Tahun 2022 dalam Rangka Hari Jadi Inspektorat Jendereral ke-56 secara virtual di Ruang Corporate University, Kamis (03/11/2022).

Disampaikan Inspaktur Jenderal Kemenkumham, Razilu, mengangkat tema “APIP BerAKHLAK, Kemenkumham Bermartabat”, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM ingin menyampaikan pesan bahwa Kemenkumham Bermartabat hanya akan dicapai dengan Aktualisasi Core Value Ber-AKHLAK. Inspektorat Jenderal juga ingin mengajak seluruh ASN Kemenkumham untuk mewujudkan Kemenkumham Bermartabat melalui Aktualisasi Core Value Berakhlak.

Melanjutkan, Razilu menyampaikan jika Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham RI akan kembali mengimplementasikan Panca Komitmennya melalui Panca Program sebagai program unggulan Inspektorat Jenderal di Tahun 2023 mendatang.

Panca Program tersebut diantaranya Bergerak Bangkitkan Kesadaran, Inspirasi, dan Motivasi (BBKIM) untuk Mewujudkan Keagungan Kemenkumham, Inspektur Wilayah Aktif Mendengar untuk Memberi Solusi, Aktif Belajar Plus Merupakan kelanjutan dari Gemar Belajar Tahun 2021 dan Aktif Belajar Tahun 2022, Sertifikasi API, PAKSI, dan CRMO Serta Resertifikasi ISO 37001:2016 dan E-Mawas Version 2023.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, dalam sambutannya mengatakan bahwa Itjen Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Hukum dan HAM.

Itjen bukan hanya sekedar pelengkap organisasi, namun Itjen harus menjadi Center of Excellence. Untuk itu, Itjen perlu secara continue mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja.

Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko.

Dan melalui Panca Program tersebut, Menkumham meminta kepada Irjen dan jajaran untuk terus menggelorakan inovasi program unggulan di waktu mendatang.

“Di tahun depan, sudah ada Panca Program Unggulan 2023 yang akan saya launching nanti. Jangan berhenti sampai disitu, ciptakan lingkungan yang dapat mendukung untuk terus melahirkan inovasi-inovasi yang dapat menjadi tools untuk memperkuat organisasi dan meningkatkan kinerja Itjen”, pesan Menkumham.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *