Gelar FMD Bersama Rindam XVII Cenderawasih : Lapas Abepura Diwakili 5 Petugas

BIGNEWS.ID – Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua menggelar pembinaan fisik, mental dan disiplin (FMD) bagi Petugas Pemasyarakatan di Resimen Induk Daerah Militer ( RINDAM) XVII Cendrawasih Ifar Gunung, Tugu Mc.Arthur – Sentani , Jayapura, Senin Pagi (17/10/2022)

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Abepura, Sulistyo Wibowo turut menghadiri upacara pembukaan Kegiatan dimaksud yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Anthonius Matius Ayorbaba, SH. MH.

Anthonius Matius Ayorbaba, SH. MH. Didalam sambutannya mengatakan, Dengan tantangan overcrowded di lapas dan rutan membuat banyak hal-hal baru yang muncul berdasarkan perubahan kecepatan yang terjadi dengan menggunakan berbagai media sehingga dapat memberikan dampak terhadap keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dijajaran pemasyarakatan.

“Untuk menjawab tantangan tugas di Lapas-Lapas yang ada di Tanah Papua petugas harus bekerja ekstra,” ungkapnya.

Lanjut Ayorbaba, ia berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat menangkap dam pahami SOP yang ada disetiap Lapas. Karena menurutnya wajib untuk dipahami agar tidak salah salah mengambil langkah dalam melakukan tugas dan tanggung jawab.

“Setelah dilakukan pelatihan fisik, malam harinya peserta dikasi kesempatan untuk membedakan kasus.” Harapnya

Lapas Abepura diwakili 5 peserta dari 30 peserta masing – masing Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yang akan mengikuti kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 Oktober hingga 21 Oktober 2022.

Kalapas Kelas IIA Abepura, Sulistyo Wibowo menyampaikan bahwa dengan digelarnya latihan tersebut, diharapkan seluruh jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua, khususnya petugas pemasyarakatan Lapas Abepura dapat meningkatkan disiplin dan selalu siaga dalam melaksanakan tugas kedinasan.

“Selain dapat meningkatkan kesehatan jasmani, kegiatan ini juga diharapkan peserta nanti Ketika melaksanakan tugas dapat meningkatkan disiplin dan selalu siaga dalam melaksanakan tugas kedinasan,” ujarnya.

Hadiri pula dalam kegiatan Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang Lintang Hardiman,SH.,MH, Kepala Divisi Keimigrasian Ian Fidihanto Markos,SH.,M.Si, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, serta beberapa pejabat lainnya dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *