News  

Cegah Kebakaran, Lapas Perempuan Palembang Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

BIGNEWS.ID – Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palembang menggelar Simulasi Pengendalian Kebakaran, Senin (22/04). Kegiatan ini diikuti seluruh petugas Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Pekerja guna menyiapkan kesigapan petugas dan WBP Pekerja bila terjadi musibah kebakaran di Lapas.

Bertempat di Aula Bawah regu Damkar terlihat antusias memberikan pelatihan kepada para pegawai Lapas. Diawali dengan pengarahan dan pemberian materi dimana dijelaskan tentang berbagai macam jenis alat pemadam kebakaran berserta cara penggunaannya termasuk teknik dalam melakukan pemadaman api ketika terjadi kebakaran.

Usai pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek dan latihan simulasi pemadaman api di area terbuka. Para petugas LPP Palembang mencoba dan mempraktekkan penggunaan alat pemadam didampingi oleh instruktur dari Damkar. Selanjutnya para pegawai Lapas juga diajarkan teknik pemadaman api secara manual menggunakan karung basah dan juga alat pemadam api ringan (APAR) di luar ruangan. Sebagai penutup, para petugas Lapas diajarkan cara pengendalian api yang muncul dari tabung gas sebagai salah satu pemicu kebakaran.

“Pelatihan dan simulasi ini menjadi langkah pencegahan dan penanganan kebakaran agar setiap petugas Lapas dapat mengetahui pencegahan secara dini untuk menghindari terjadinya kebakaran di lingkungan Lapas. Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas Damkar, diharapkan para petugas bisa mengatasi kebakaran yang terjadi baik yang disengaja maupun tidak,” tutur Ike Rahmawati, Kepala Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kebakaran menjadi masalah serius di tempat terbatas seperti Lapas. Untuk itu diperlukan tindakan yang tepat guna pencegahannya. Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan, LPP Palembang menyediakan APAR dan Fire Block yang diletakkan ditempat-tempat rawan kebakaran.

(Red)