Bumikan Pancasila ke ASN Banten, Wapres: Tak Hanya Pintar Kemampuan Teknis, ASN Harus Berintegritas dan Berjiwa Pancasila

BIGNEWS.ID – Upayakan Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemerintah Indonesia secara intens tengah mengelola berbagai agenda pembangunan nasional dan daerah, dimana Birokrasi memegang peranan penting dalam pembangunan tersebut.

Untuk itu, sebagai bagian dari birokrasi, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk tidak hanya memiliki kompetensi teknis, manajerial, dan sosiokultural, tetapi juga memiliki integritas dan berjiwa Pancasilais.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus terinternalisasi pada jiwa, pola pikir, dan perilaku kinerja seluruh ASN,” ujar Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin dalam Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Aparatur Pemerintah Provinsi Banten yang digelar di Pendopo Gubernur Banten, Senin (14/11).

Menurut Wapres, selain sebagai pemersatu dan perekat bangsa, ASN juga memainkan peran penting dalam birokrasi, terutama dalam memberikan pelayanan publik yang bertanggung jawab.

Wakil Presiden berharap, kegiatan ini mampu memberikan nilai penguatan Pancasila yang tercermin dalam Core Value ASN Berakhlak, yang berarti setiap ASN harus berotientasi pada Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Hal tersebut tentu senada dengan yang disampaikan Wakil Kepala BPIP, Karjono, dimana Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila ini berfokus pada penguatan ideologi Pancasila bagi ASN, dengan alas dasar kewajiban seorang ASN untuk berpedoman pada Pancasila baik dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta berkehidupan.

Kegiatan ini sendiri, kata Karjono, merupakan tindaklanjut atas arahan Presiden RI untuk melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila.

Dan BPIP menindaklanjuti arahan tersebut dengan melakukan “Pancasila in Action” melalui segenap jajaran Pemimpin di Daerah seperti Gubernur, Bupati dan Walikota seperti yang pada saat ini dilakukan di Wilayah Provinsi Banten.

Hadir dalam acara ini Pj. Gubernur Banten, Forkopimda Banten, Kepala Daerah se-Provinsi Banten, Perwakilan Instansi Vertikal di lingkungan Provinsi Banten, salah satunya Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto, Perwakilan Rektor Perguruan Tinggi serta Tokoh Masyarakat di Wilayah Provinsi Banten.

Acara tersebut juga akan diisi oleh Pemaparan para Narasumber, yakni Ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri, kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Anwar, Kepala LAN Adi Suryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *