28 Warga Negara Asing Berbagai Negara Hadir Mengikuti Kongres Aman VI Kab. Jayapura

BIGNEWS.ID – Hal ini dikonfirmasi Kepala kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si, mengantongi data-data 28 Orang Warga Negara Asing (WNA) yang hadir langsung di Perhelatan acara Konggres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN VI) dari Tim Keimigrasian di lapangan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Dikatakan Kakanwil, Anthonius M. Ayorbaba 28 WNA yang hadir di AMAN VI masih dalam pengawasan Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua.

Pembukaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI, diawali dengan pawai budaya dari masyarakat adat pada hari ini, 24/10/2022 nanti, dengan mengambil titik start atau dimulai dari Lapangan Alm. Theys H. Eluay, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pawai budaya yang dilaksanakan saat pembukaan Kongres AMAN VI itu merupakan rangkaian acara dari pagelaran kongres yang digelar sejak 24/10/2022 hingga 30/10/2022, seluruh peserta Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI menggunakan pakaian adat dan juga menampilkan atraksi kesenian, serta budaya mereka masing-masing.

Pawai budaya yang akan mengawali pembukaan Kongres AMAN VI 2022 itu dimulai dari Lapangan Alm. Theys H. Elua dan menyusuri jalan protokol Kota Sentani hingga berakhir di Stadion Barnabas Youwe, yang menjadi lokasi Euforia Pembukaan.

Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Tahun 2022 resmi dibuka hari ini, Senin 24 Oktober. Pembukaan diiringi tarian kolosal dari 250 siswa di Provinsi Papua.
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pembukaan KMAN VI bersamaan dengan digelarnya Festival Danau Sentani. Festival itu bertepatan dengan ulang tahun masyarakat adat di Jayapura.

Pembukaan KMAN VI yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, berlangsung meriah. Ratusan anak yang membawakan tarian kolosal memperlihatkan aktivitas sehari-hari masyarakat Papua. Para siswa ada yang seperti memangkur sagu, mencari ikan, berkebun, mendayung perahu, hingga merajut noken.

Menurut Mathius, sekitar 2.500 anggota masyarakat adat dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri KMAN VI. Dia pun mengajak masyarakat menjaga keamanan dan kenyamanan selama KMAN VI yang digelar dari 24-30 Oktober 2022 itu.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan selama KMAN berlangsung,” tandas Mathius.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *